Thursday, October 13, 2011

Tanyakan Ilmu yang paling dibutuhkan


Tanyakan Ilmu yang paling dibutuhkan

Oleh Ustadz Abu Zubair

Di dalam kitab Al-Adaab Asy-Syar'iyyah (2/72-73) :

Al-Marwazy berkata, Abu Abdullah bercerita, Suatu ketika seseorang bertanya kepadaku apakah Yakjuj dan Makjuj itu muslimun? maka aku berkata kepadanya, "Apakah engkau sudah menguasai ilmu sehingga menanyakan ini?".




Ahmad bin Hibban Al-Qothi'i berkata, "Aku menemui Abu Abdillah lalu aku bertanya, "Apakah boleh berwudhu' dengan air kapur? Abu Abdillah menjawab, "Aku tidak menyukai itu". aku bertanya lagi apakah boleh berwudhu dengan air Al-Baqila' (air becampur dengan kacang-kacangan)?".
Abu Abdillah menjawab, "Aku tidak suka itu".
kemudian aku berdiri dan ia memegang bajuku seraya berkata, "Apa yang engkau ucapkan ketika masuk masjid?".

aku diam.

ia kembali berkata, "Apa yang engkau ucapkan ketika keluar masjid?".

aku diam.

maka ia berkata, "Pergilah, dan belajarlah!".

Al-Marwazy berkata, "Maksud Imam Ahmad Abu Abdillah yaitu; bahwasanya engkau meninggalkan sunnah yang shohihah dan engkau butuhkan setiap hari berkali-kali, lantas engkau datang bertanya tentang sesuatu yang barangkali engkau tidak membutuhkan selamanya dan tidak pula ada atsar tentang itu".

No comments:

Post a Comment

Sekilas Info

SEKILAS INFO Bismillah Alhamdulillah Semoga shalawat dan salam tercurahkan kepada Nabi Muhammad Shallallahu'alaihi wa sallam, keluar...