Sunday, October 23, 2011

Apa itu Salafi....?


“س: أريد تفسيراً لكلمة السلف ومن هم السلفيون . . . ؟
ج : السلف هم أهل السنة والجماعة المتبعون لمحمد صلى الله عليه وسلم من الصحابة رضي الله عنهم ومن سار على نهجهم إلى يوم القيامة، ولما سئل صلى الله عن الفرقة الناجية قال : “هم من كان على مثل ما أنا عليه اليوم وأصحابي… ” .
Pertanyaan : Saya ingin mengetahui tafsir kalimat salaf dan siapa yang dimaksud dengan salafiyyun?
Jawaban : salaf , mereka adalah Ahlus Sunnah wal Jama’ah, orang-orang yang mengikuti Nabi Muhamad shollallahu ‘alaihi wa sallama, mulai dari sahabat rodhiyallahu ‘anhum dan orang-orang yang berjalan di atas jalan mereka sampai hari kiamat. Ketika Nabi shollallahu ‘alaihi wa sallama ditanya tentang Al Firqoh An Najiyah (golongan yang selamat) beliau menjawab, “Mereka adalah orang yang berada di atas semisal apa-apa yang aku dan para sahabatku berada di atasnya hari ini”. (Fatawa Al-Lajnah Ad Daimah no. 6149, 2/164)


“س: ما هي السلفية وما رأيكم فيها ؟
ج : السلفية نسبة إلى السلف والسلف هم صحابة رسول الله صلى الله عليه وسلم وأئمة الهدى من أهل القرون الثلاثة الأولى {رضي الله عنهم} الذين شهد لهم رسول الله صلى الله عليه وسلم بالخير في قوله: {خير الناس قرني ثم الذين يلونهم ثم الذين يلونهم ثم يجئ أقوام تسبق شهادة أحدهم يمينه ويمينه شهادته} رواه الإمام أحمد في مسنده والبخاري ومسلم، والسلفيون جمع سلفي نسبة إلى السلف، وقد تقدم معناه وهم الذين ساروا على منهاج السلف من اتباع الكتاب والسنة والدعوة إليهما والعمل بهما فكانوا بذلك أهل السنة والجماعة. وبالله التوفيق وصلى الله على نبينا محمد وآله وصحبه وسلم”.
Pertanyaan : apa yang dimaksud dengan salafiyyah dan apa pandangan anda padanya?
Jawaban : As Salafiyyah adalah penisbatan kepada salaf , dan salaf adalah sahabat Rasulullah shollallahu ‘alaihi wa sallama serta imam-imam petunjuk dari generasi tiga periode pertama (rodhiyallahu ‘anhum), yang mana Rasulullah shollallahu ‘alaihi wa sallama telah bersaksi untuk kebaikan mereka di dalam sabdanya, “Sebaik-baik manusia adalah masaku, kemudian orang-orang sesudahnya, kemudian orang-orang sesudahnya. Kemudian datanglah kaum-kaum yang kesaksian salah seorang mereka mendahului sumpahnya dan sumpahnya mendahului kesaksiannya”. Diriwayatkan oleh Imam Ahmad di dalam Munadnya, Bukhari dan Muslim.

Dan As-Salafiyyun adalah bentuk jama’ dari kata As-Salafy yaitu penisbatan kepada salaf. Dan maknanya telah dijelaskan di depan, yaitu mereka adalah orang-orang yang  berjalan di atas minhaj (jalan) dengan mengikuti Al Kitab dan Assunnah serta  berdakwah kepada keduanya dan mengamalkan keduanya. Maka dengan demikian mereka adalah Ahlus Sunnah wal Jama’ah. Wabillahit Taufik wa shollallahu ‘ala Nabiyyinaa Muhammadin wa Aalihi wa Shohbihi wa Sallama”. (Fatawa Al Lajnah Ad Daimah no. 1361, 1/165)

Lajnah ad-Daimah (Komisi Fatawa dan Riset Ilmiah Saudi Arabia)

arsip website abuzubair.net

No comments:

Post a Comment

Sekilas Info

SEKILAS INFO Bismillah Alhamdulillah Semoga shalawat dan salam tercurahkan kepada Nabi Muhammad Shallallahu'alaihi wa sallam, keluar...