Monday, October 17, 2011

Resensi Fikih Syafi'i - Ar-Risalah



Ar-Risalah karya Imam Syafi'i rahimahullah

Inilah Kitab Ar-Risalah, Sebuah kitab karya Imam Besar Ahlus Sunnah wal Jamaah, Imam Asy Syafii -rahimahullah- ,yang telah dicetak dan di-tahqiq (diteliti) oleh Syaikh Ahmad Syakir -rahimahullah- , yang diambil dari riwayat ar-Rabi' bin Sulaiman dari Imam asy-Syafi'i -rahimahullah-  Kitab ini terdiri dari satu jilid besar.

            Di dalam kitab ini Imam asy-Syafi'I -Rahimahullah- berbicara tentang al-Qur-an dan penjelasannya, juga membahas tentang as-Sunnah berikut kedudukannya dari al-Qur-an al-Karim.    Beliau mengemukakan bahwa banyak dalil mengenai keharusan berhujjah dan berargumentasi dengan as-Sunnah. Beliau juga mengupas masalah Nasikh dan Mansukh dalam al-Qur-an dan as-Sunnah, menguraikan tentang 'Hal ( illat/cacat ) yang terdapat pada sebagian hadits dan alasan dari keharusan mengambil hadits ahad sebagai hujjah dan dasar hukum, serta apa yang boleh diperselisihkan dan yang tidak boleh diperselisihkan di dalamnya.

Dalam kitabnya ini Imam asy-Syafi'i -rahimahullah-  menulis muqaddimah yang sangat berbobot yang menunjukkan manhaj dan aqidah beliau. Imam asy-Syafi'i -rahimahullah-  berkata:
"Segenap puji hanya milik Allah yang telah menciptakan langit dan bumi, serta telah menciptakan kegelapan dan cahaya. Kemudian, orang-orang yang kafir kepada Rabbnya, mereka melakukan penyimpangan (berpaling). Segala puji hanya bagi Allah, yang untuk mensyukuri salah satu nikmat-Nya tidak akan terwujud, kecuali kesyukuran itu merupakan sebuah nikmat dari-Nya. Menunaikan nikmat-nikmat-Nya yang telah lalu akan memunculkan nikmat baru yang juga menuntut rasa syukur kepada-Nya.

Orang-orang yang menyifati-Nya tidak akan mencapai hakikat Keagungan-Nya. Hakikat keagungan-Nya itu sesuai dengan yang disifatinya sendiri dan melebihi apa yang disifati oleh hamba-hamba-Nya. Aku memuji Allah dengan pujian yang sesuai dengan kemuliaan wajah-Nya dan keagungan-Nya. Aku memohon pertolongan kepada Allah dengan permohonan pertolongan orang yang tidak mempunyai daya dan kekuatan, kecuali dengan bantuan-Nya. Aku memohon Allah hidayah/petunjuk yang barang siapa mendapatkannya, ia tidak akan sesat. Aku memohon maghfirah dan ampunan-Nya atas apa yang telah dan akan aku perbuat dengan permohonan ampun orang yang mengakui penghambaan hanya kepada Dia. Orang yang mengetahui bahwa tidak ada yang memberi ampunan terhadap dosa dan tidak ada yang dapat menyelamatkan seseorang darinya, kecuali Dia. Aku bersaksi bahwa tidak ada Ilah, kecuali Allah, Tunggal, tidak ada sekutu bagi-Nya; dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan Rasul-Nya."
Syaikh Al Muhadits Ahmad bin Muhammad Syakir -rahimahullah-telah memberikan muqaddimah ; sangat berbobot dalam kitab ini yang menjelaskan nilai ilmiah ; dimilikinya. Syaikh Ahmad Syakir juga memberikan bantahan orang-orang yang meragukan bahwa kitab ini adalah tulisan asy-Syafi'i -rahimahullah- .
 Selain itu, Syaikh Ahmad Syakir -rahimahullah-  menyebut-pula sebab atau latar belakang mengapa Imam asy-Syafi'i -rahimahullah- menulis kitab ini.

Imam Al Muzani -rahimahullah- , salahsatu murid Imam Asy Syafii -rahimahullah- beliau berkata, "Aku telah membaca kitab Ar Risalah sebanyak limaratus kali, dan setiap kali aku seselai membacanya, aku mendapat ilmu baru." Beliau juga berkata," Selama lima puluh tahun aku mendalami kitab Ar Risalah, dan setiap menelaahnya, akau mendapat tambahan ilmu yang belum kuketahui kebelumnya."

arsip : www.al-aisar.com

No comments:

Post a Comment

Sekilas Info

SEKILAS INFO Bismillah Alhamdulillah Semoga shalawat dan salam tercurahkan kepada Nabi Muhammad Shallallahu'alaihi wa sallam, keluar...