Friday, April 20, 2012

Seri Kunci Kebahagiaan bagian 2 - Berbuat Baik Terhadap Sesama Makhluk


Seri Kunci Kebahagiaan bagian 2 - Berbuat Baik Terhadap Sesama Makhluk

Syaikh Al-Allamah Abdurrahman Nashir as-Sa'di rahimahullah berkata :

2. BERBUAT BAIK TERHADAP SESAMA MAKHLUK

Termasuk yang dapat mengusir perasaan gundah dan gelisah adalah berbuat baik kepada sesama makhluk dengan ucapan, perbuatan serta berbagai bentuk kebajikan.


Dengan kebaikan tersebut Allah akan menghilangkan kesusahan baik dari orang beriman ataupun orang kafir sesuai kadar kebaikannya. Akan tetapi orang beriman memiliki bagian yang lebih sempurna. Karena perbedaannya bersumber dari keikhlasan dan harapan akan pahala Allah ta’ala.

Dengan modal tersebut Allah ringankan baginya dalam mengerahkan tenaga untuk berbuat baik karena ada kebaikan yang ingin diraih, Allah juga ringankan baginya dalam mencegah keburukan dengan penuh ikhlas dan harap akan pahala dari Allah ta’ala.

“Tidak ada kebaikan pada kebanyakan bisikan-bisikan mereka, kecuali bisikan-bisikan dari orang yang menyuruh (manusia) memberi sedekah, atau berbuat ma’ruf, atau mengadakan perdamaian diantara manusia. Dan barang siapa yang berbuat demikian karena mencari keridhaan Allah, maka kelak Kami memberi kepadanya pahala yang besar” (Q.S An-Nisa: 114)

Allah ta’ala telah mengabarkan bahwa semua perkara yang disebutkan dalam ayat di atas adalah kebaikan, dan kebaikan selalu mendatangkan kebaikan berikutnya dan menolak keburukan.

Seseorang yang berharap dari Allah ta’ala akan selalu Allah berikan kepadanya pahala yang banyak, diantaranya: hilangnya perasaan gundah dan gelisah dan kesulitan hidup lainnya.

---oOo---

Bersambung ke kunci yang ke 3

Diterjemahkan dari :

الوسائل المفيدة للحيتاة السعيدة

Penerjemah : ABDULLAH HAIDIR, Lc
Murajaah :
MUHAMMAD SAIFUDDIN
DR. MUH. MU’INUDINILLAH BASRI
ERWANDI TARMIZI

Diterbitkan : Maktab Dakwah Dan Bimbingan Jaliyat Rabwah
1426 – 2005

No comments:

Post a Comment

Sekilas Info

SEKILAS INFO Bismillah Alhamdulillah Semoga shalawat dan salam tercurahkan kepada Nabi Muhammad Shallallahu'alaihi wa sallam, keluar...