Friday, April 20, 2012

Seri Husnul Uswah 7 - Bab 3 : Berbakti Kepada Kedua Orangtua


Husnul Uswah - Bab 3 : Berbakti Kepada Kedua Orangtua

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarkatuh.

Alhamdulillah, Semoga shalawat dan salam tercurahkan kepada Rasulullah Shallallahu’alaihi wa sallam, keluarga beliau, sahabat beliau dan orang yang mengikuti beliau dengan baik sampai akhir zaman.

Amma ba’du :
Allah Subhanahu wa ta’ala berfirman :

وإذ أخذنا ميــثــق بنــى اســـرءيل لا بعيدون إلّا الله وبالو لدين إحسانا....
“Dan (ingatlah), ketika kami mengambil perjanjian dari Bani Israil (yaitu) Janganlah kamu menyembah selain Allah dan berbuat baiklah kepada ibu bapak mu.”  [Q.S 2 : Al-Baqarah ayat 83]


Koreksi Terjemahan :
Didalam terjemahan (cet Pustaka Wafa Press hal 41) ayat nya tertulis seperti ini :
وإذ أخذنا ميــثــق بنــى اســـرءيل لا بعيدون إلّا الله وبالو لدين إحسانا وذى القربـــى
Tambahan ayat “Wa ziil Qurbaa” ini adalah kesalahan didalam pemotongan ayat. Karena setelah kami cek ke kitab arab nya, maka ayat itu hanya sampai :
وإذ أخذنا ميــثــق بنــى اســـرءيل لا بعيدون إلّا الله وبالو لدين إحسانا
Dan juga “kalimat : Wa ziil Qurbaa” ini tidak ada terjemahan nya, didalam kitab terjemahan Husnul Uswah cet Pustaka Wafa Press.

Tafsir Ayat :
وإذ أخذنا ميــثــق بنــى اســـرءيل
“Dan (ingatlah), ketika kami mengambil janji dari Bani Israil.”
Allah Subhanahu wa ta’ala mengambil perjanjian dari mereka (Bani Israil) semasa hidup mereka melalui lisan para Nabi dan Rasul yang diutus kepada mereka.”

لا بعيدون إلّا الله وبالو لدين إحسانا....
“(yaitu) Janganlah kamu menyembah selain Allah dan berbuat baiklah kepada ibu bapak mu.”
Ayat ini adalah khabar (kalimat berita) yang bermakna larangan. Larangan dalam ungkapan seperti ini lebih dalam makna nya dari pada kalimat larangan yang diungkapkan secara langsung. Karena ungkapan seperti ini menunjukkan adanya perhatian secara khusus terhadap perkara yang dilarang itu. Kemudian Allah menguatkan lagi dengan perintah untuk melaksanakan nya sehingga seakan – akan melaksanakan dan sekaligus mengabarkan nya.

Adapun yang dimaksud : “Janganlah kamu menyembah selain Allah” artinya “Kamu harus beribadah hanya kepada Allah saja”
Makna beribadah hanya kepada Allah saja adalah menetapkan ketauhidan Allah, membenarkan para rasul-Nya, dan mengamalkan apa yang Allah turunkan dalam kitab – kitab Nya.

Adapun yang dimaksud : “Dan berbuat baiklah kepada ibu bapak mu.”
Berbuat baik kepada kedua orangtua adalah bergaul dengan kedua orangtua dengan pergaulan yang baik, bersikap tawadhu kepada keduanya, melaksanakan perintahnya, dan bersegera melaksanakan apa yang menjadi perintah keduanya selama perintah itu tidak bertentangan dengan perintah Allah dan Rasul-Nya, memberikan segala hal yang mereka butuhkan, dan tidak menyakiti mereka meskipun keduanya adalah orang kafir, namun hendaknya si anak mengajak kedua orangtua nya yang masih kafir untuk beriman kepada Allah dengan lemah lembut dan kasih sayang. Demikian juga jika kedua orangtua adalah orang fasik, maka hendaknya mereka diajak dengan cara yang baik dan tidak kasar dan tidak pula mengucapkan perkataan “AH” kepada keduanya.

---oOo---

Jambi, Selasa : 4 Jumada Ula 1433 H / 27 Maret 2012
Abu Abdillah Prima Ibnu Firdaus ar-Roni al-Mirluny

No comments:

Post a Comment

Sekilas Info

SEKILAS INFO Bismillah Alhamdulillah Semoga shalawat dan salam tercurahkan kepada Nabi Muhammad Shallallahu'alaihi wa sallam, keluar...