Friday, April 20, 2012

Seri Husnul Uswah 3 - Khutbah Kitab

Pembahasan Husnul Uswah – Khutbah Kitab

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarkatuh.

Alhamdulillah, Semoga shalawat dan salam tercurahkan kepada Rasulullah Shallallahu’alaihi wa sallam, keluarga beliau, sahabat beliau dan orang yang mengikuti beliau dengan baik sampai akhir zaman.

Amma ba’du :
Kita lanjutkan pembahasan Husnul Uswah karya Syaikh Muhammad Shiddiq Hasan Khan rahimahullah. Yakni pembahasan Khutbah Kitab .

Syaikh Muhammad Shiddiq Hasan Khan rahimahullah berkata didalam Khutbah Kitabnya :


Segala puji bagi Allah yang telah menciptakan manusia dari air (mani), kemudian menjadikan nya berketurunan dan berpasang – pasangan. Sesungguhnya Rabb mu Maha Kuasa atas segala sesuatu. Shalawat dan salam semoga tercurahkan kepada penghulu para Rasul-Nya, penutup para Nabi-Nya yang Allah menjelaskan nya :
“Tidaklah kami mengutusmu melainkan agar menjadi pembawa kabar gembira dan pemberi peringatan.” [Q.S Saba’ ayat 28]
Demikian pula shalawat dan salam semoga tercurahkan kepada keluarga dan para sahabat beliau yang membawa ilmu beliau dan berjihad dengan jihad yang besar di jalan Allah karena Allah dan dengan (rahmat) Allah.

Wa ba’du :
Buku ini adalah buku yang tergolong sedang. Didalamnya terangkum ayat – ayat al-Quran yang membicarakan seputar wanita dan berbagai masalah yang secara spesifik berkenanaan dengan mereka, juga hadits – hadits yang menyebutkan tentang peran dan sumbangsih kaum wanita.

Semua itu saya kumpulkan dari kitabullah secara umum, kemudian saya tambahkan tafsir dari masing – masing ayat, sebagian dari Tafsir Fathul Bayan yakni kitab yang saya rujukkan di bagian – bagian awal dari buku ini. Kemudian saya susulkan setelahnya penyebutan hadits – hadits dari kitab – kitab Shahih, Sunan dan Muwatha Imam Malik, kitab ar-Razin, dan kitab at-Targhib wa at-Tarhib karya Imam al-Mundziri rahimahullah.

Hadits – hadts tersebut merupakan bagian kedua dari buku ini. Kemudian pada bagian akhir dari buku ini, saya tutup dengan menyebutkan masalah – masalah yang dikhususkan bagi kaum wanita dari kaum laki – laki yaitu hal – hal yang membedakan mereka (wanita) dari kaum laki – laki baik dalam masalah perintah maupun larangan. Dengan demikian buku ini –alhamdulillah- bisa dikatakan merangkum masalah – masalah yang berserakan dari masalah kewanitaan dengan pembahasan yang –mungkin- belum pernah ada sebelumnya dan cakupan yang belum pernah dibahas secara khusus oleh siapapun sebelumnya.

Pada mulanya yang meminta saya untuk menulis buku ini, baik ketika dalam kondisi mukim maupun safar adalah sahabatku yang setia mahkota India, wakil dari Syahjan Bikum –semoga Allah melindungi beliau-. Beliau adalah seorang wanita yang mempunyai pengaruh dan wewenang di kerajaan Bahubal sejak tahun 1120 H.

(tambah: Mungkin yang dimaksud beliau adalah Isteri beliau sendiri yakni seorang anak pejabat Bahubal. Wallahu a’lam)

Yang melatarbelakangi beliau (isteri) mengusulkan agar saya menulis buku ini karena beliau membaca al-Quran al-Karim dengan terjemahan bahasa beliau, kemudian juga membaca sebagian kitab – kitab hadits seperti al-Misykat al-Mashabih dan membaca dengan teliti penjelasan – penjelasan yang terdapat didalam nya, beliau meminta kepada saya untuk menkhususkan dalil – dalil al-Quran dan hadits yang khusus berbicara tentang kaum wanita, karena tidak satu masalah pun baik yang kecil maupun yang besar kecuali Allah telah menjelaskan nya.

Atas dasar itulah saya pun memulai pekerjaan yang mulia ini, permintaan yang menurut saya cukup berat dan saya mulai dengan mengumpulkan masalah – masalah yang menurut saya mudah kemudian menulisnya dalam bentuk tulisan berseri. Dengan harapan bisa dirasakan manfaatnya oleh kaum wanita secara umum, semoga diberi taufik oleh Allah untuk memberi contoh dan tauladan.

Saya kira anda tidak mendapatkan sebuah kitab secara akurat merangkum seluruh masalah wanita seperti yang terdapat dalam kitab ini. Karena hampir tidak satupun masalah kecuali semua nya memiliki keterkaitan dengan kaum wanita baik banyak walaupun sedikit, baik itu yang terdapat didalam kitabullah (al-Qruan) maupun hadits kecuali telah saya rangkum dalam buku ini. Tentu setelah menghilangkan bagian – bagian yang terulang, kecuali yang dengan kehendak Allah luput dari perhatian saya.

Saya susun ayat-ayat dalam buku ini sesuai dengan urutan - urutan nya dalam mushaf, sedangkan untuk hadits hadits sesuai dengan urutan yang terdapat dalam kitab at-Targhib wa at-Tarhib, kemudian saya juga menyertakan penjelasan untuk setiap kata atau kalimat yang asing, memberi harakat, waqaf, dan menyebutkan tafsir untuk ayat – ayat yang perlu ditafsirkan dan kami pilihkan tafsiran yang dipilih oleh kalangan ahli sunnah, baik dari kalangan ulama terdahulu maupun yang belakangan. Dan buku ini saya beri judul “Husnul Uswah Bima Tsabata Minallah wa Rasulih fi an-Niswah.”
Segala puji bagi Allah dalam setiap keadaan dan setiap perkara Dialah yang memberi taufik kepada Nyalah kita memohon pertolonga.”

-selesai Khutbah Penulis- Insya’ Allah besok ba’da isya kita masuk ke Muqaddimah Penulis.

Jambi, Selasa : 20 Rabi’ul Akhir 1433 H / 13 Maret 2012

Abu Abdillah Prima Ibnu Firdaus ar-Roni al-Mirluny


---oOo---

No comments:

Post a Comment

Sekilas Info

SEKILAS INFO Bismillah Alhamdulillah Semoga shalawat dan salam tercurahkan kepada Nabi Muhammad Shallallahu'alaihi wa sallam, keluar...