Friday, April 20, 2012

Seri Kunci Kebahagiaan bagian 3 - Sibuk Dengan Pekerjaan atau Ilmu Yang Bermanfaat


Seri Kunci Kebahagiaan bagian 3 - Sibuk Dengan Pekerjaan atau Ilmu Yang Bermanfaat

Syaikh Al-Allamah Abdurrahman Nashir as-Sa'di rahimahullah berkata :

3. SIBUK DENGAN PEKERJAAN ATAU ILMU YANG BERMANFAAT

Termasuk hal yang dapat mengusir kegundahan yang timbul dari kegamangan jiwa karena hati disibukkan oleh urusan-urusan yang memberatkan adalah dengan menyibukkan diri dengan sebuah pekerjaan atau mendalami ilmu yang bermanfaat.


Dengan begitu dia akan melupakan apa yang selama ini membebani dirinya dan yang selama ini membuatnya gelisah. Maka kemudian jiwanya menjadi tenang, semangatnya bertambah. Sebab ini juga dapat terjadi pada diri seorang beriman atau yang bukan beriman. Akan tetapi orang beriman memiliki kelebihan karena keikhlasan dan harapan akan pahala dari apa yang menyibukkan dirinya, berupa ilmu yang dipelajari atau yang diajarkan, begitu juga dengan kebaikan yang dikerjakan.

Jika hal tersebut berbentuk ibadah maka nilainya adalah ibadah, jika merupakan kesibukan atau kebiasaan dunia maka dia mengiringinya dengan niat yang shalih dan membantunya dalam beribadah kepada Allah. Hal tersebut sangat efektif dalam mengusir kesedihan dan keluh-kesah.

Betapa banyak orang yang dirundung duka dan gelisah sehingga dia ditimpa penyakit yang bermacam-macam, maka obat mujarabnya adalah “melupakan sebab-sebab yang selama ini mengganggunya dan membuatnya gelisah serta menyibukkan diri dengan pekerjaan dan tugas-tugas”.

Dianjurkan agar perbuatan yang menyibukkan dirinya adalah yang sesuai dengan seleranya dan disenangi jiwanya, maka dengan begitu lebih memungkinkan untuk mendatangkan manfaat yang dia maksudkan.
Wallahua’lam

---oOo---

Bersambung ke kunci yang ke 4

[Meraih Kebahagiaan hal 17 - 18, Syaikh Abdurrahman Nashir as-Sa'di]

Diterjemahkan dari :

الوسائل المفيدة للحيتاة السعيدة

Penerjemah : ABDULLAH HAIDIR, Lc
Murajaah :
MUHAMMAD SAIFUDDIN
DR. MUH. MU’INUDINILLAH BASRI
ERWANDI TARMIZI

Diterbitkan : Maktab Dakwah Dan Bimbingan Jaliyat Rabwah
1426 – 2005

-----ooOoo-----

No comments:

Post a Comment

Sekilas Info

SEKILAS INFO Bismillah Alhamdulillah Semoga shalawat dan salam tercurahkan kepada Nabi Muhammad Shallallahu'alaihi wa sallam, keluar...