Friday, April 20, 2012

Seri Husnul Uswah 1 - Pengantar Pembahasan

Pengantar Pembahasan Husnul Uswah

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarkatuh.

Alhamdulillah, Semoga shalawat dan salam tercurahkan kepada Rasulullah Shallallahu’alaihi wa sallam, keluarga beliau, sahabat beliau dan orang yang mengikuti beliau dengan baik sampai akhir zaman.

Amma ba’du :


Judul Kitab dan Sekilas Tentang Isi nya :
Kitab yang akan kita bahas secara ringkas digroup ini berjudul aslinya “Husnul Uswah Bima Tsabata Min Allah Wa Rasulih Fi An-Niswah” karya Syaikh al-Allamah Muhammad Shiddiq Hasan Khan rahimahullah, seorang ulama dan tokoh muslim terkemuka dari India.


Kitab ini –alhamdulillah- sudah banyak diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia, yang pernah saya temui dipasaran, ada tiga penerbit yang menterjemahkan kitab ini. Namun setelah diteliti ternyata masih banyak kekurangan. Sampai akhirnya saya menemukan terjemahan yang terbitkan oleh Pustaka Wafa Press dengan pentahqiq yakni DR.Musthafa Said al-Khin dan Muhyiddin Mistu yang mana kitab arabnya di cetak oleh Maktabah al-Islamiyyah Damaskus. Nah yang jadi panduan kita adalah kitab terjemahan ini, sehingga bagi teman – teman yang punya nanti bisa kita bersama – sama bahas disini.

Adapun kandungan isi kitab ini. Kitab ini sangat baik dari sisi pemaparan dan gaya bahasanya. Sangat bagus karena memuat ayat-ayat dari Kitabullah (al-Quran) dan hadits – hadits Rasulullah Shallallahu’alaihi wa sallam yang mulia, yang secara spesifik membicarakan tentang kaum wanita. Kemudian penulis Syaikh Muhammad Hasan Khan memperjelas maksud ayat dan hadits – hadits yang beliau sebutkan yang dipilih dari kitab – kitab tafsir yang terpercaya. Dalam menyebutkan hadits – hadits, beliau juga menyatakan sumbernya dari kitab – kitab Sunnah. Kemudian beliau menutup pembahasan kitab ini dengan menyebutkan masalah – masalah hukum yang merupakan kekhususan bagi kaum wanita. Semoga Allah memberikan sebaik – sebaik balasan kepada penulis rahimahullah atas apa yang telah beliau lakukan dan sumbangkan kepada Islam dan kaum Muslimin.

Insya’Allah akan bersambung besok malam ba’da isya dengan tema –Biografi Penulis yakni Syaikh Muhammad Shiddiq Hasan Khan-

Jambi, 16 Rabi’ul Akhir / 9 Maret 2012

Abu Abdillah Prima Ibnu Firdaus ar-Roni al-Mirluny

---oOo--

No comments:

Post a Comment

Sekilas Info

SEKILAS INFO Bismillah Alhamdulillah Semoga shalawat dan salam tercurahkan kepada Nabi Muhammad Shallallahu'alaihi wa sallam, keluar...