Friday, April 20, 2012

Seri Husnul Uswah 2 - Biografi Penulis Husnul Uswah

Biografi Penulis Kitab Husnul Uswah
Syaikh Muhammad Shiddiq Hasan Khan

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarkatuh.

Alhamdulillah, Semoga shalawat dan salam tercurahkan kepada Rasulullah Shallallahu’alaihi wa sallam, keluarga beliau, sahabat beliau dan orang yang mengikuti beliau dengan baik sampai akhir zaman.

Amma ba’du :
Pada postingan sebelum nya kami sudah menyebutkan judul lengkap kitab yang akan kita bahasa dan kandungan isinya. Nah untuk kali ini, kami akan menyebutkan bioragfi penulis kitab Husnul Uswah. Kita mulai saja…

Nasab Penulis :
Beliau adalah Syaikh Al-Allamah Al-Mufassir Al-Muhaddits Muhammad Shiddiq Hasan bin Ali bin Luthfillah al-Husaini al-Bukhari al-Qanuji. Kunyah beliau Abu ath-Thayyib.


Muhammad Munir ad-Dimasyqi rahimahulla menyebutkan bahwa nasab beliau bersambung sampai kepada Zainal Abidin Ali bin Husain, cucu dari Ali bin Abi Thalib Radhiyallahu’anhu.

Kelahiran dan Masa Pertumbuhan :
Syaikh dilahirkan pada tanggal 19 Jumadal Ula tahun 1248 H di negeri Berli, tanah kelahiran kakeknya dari jalur ibu. Kemudian beliau pindah ke daerah Qanuj, negeri asal Bapaknya. Tatkala beliau berusia enam tahun, ayah beliau meninggal dunia, sehingga beliau menjadi yatim dan tinggal bersama ibu tercinta. Beliau tumbuh menjadi anak yang pandai menjaga kehormatan, bersih dan mencintai ilmu dan ahli ilmu (ulama).

Perjalanan Menutut Ilmu dan Keluarga :
Syaikh Muhammad Shiddiq Hasan Khan atau yang lebih akrab (biasanya) disebut Syaikh Hasan Khan pergi ke Delhi (India) untuk belajar disana. Beliau menekuni ilmu al-Quran dan as-Sunnah dan menulis ilmu yang berkaitan dengan keduanya. Beliau sangat antusias dalam membaca buku, memahami dan mengembangkan apa yang dibacanya, dan mengambil pelajaran dari apa saja yang dibacanya, khususnya kitab – kitab tafsir, hadits dan ushul fiqih.

Kemudian beliau melanjutkan perjalanan nya ke Bahubal untuk mencari pekerjaan. Beliaupun meraih sukses sehingga beliau memiliki harta yang melimpah.

Beliau menceritakan tentang dirinya :
“Saya memutuskan untuk berhenti melakukan rihla dan menetap di Mahrusah (Bahubal).”

Semenjak itu beliau memutuskan untuk tinggal menetap di Bahubal, disanalah beliau rahimahullah belajar menjalankan bisnisnya.

Beliau juga pernah menjabat sebagai mentri, wakil amir selain aktif menulis. Beliau menikah dengan seorang gadis anak pejabat Bahubal, sehingga beliau di juluki Nawab Ali al-Jah amir kerajaan Bahader.

Allah Subhanahu wa ta’ala memang telah memilih orang ini, dengan mengumpulkan untuknya ilmu yang luas, harta kekayaan yang melimpah dan kekuasaan yang luas. Tidak hanya sampai disitu, beliau juga diberi anugerah isteri yang sholehah, anak – anak yang bahagia dan nasab yang terhormat.

Guru – Guru Syaikh :
Syaikh Muhammad Shiddiq Hasan Khan pernah berguru kepada :
Syaikh Muhammad Ya’qub,
al-Muhaddits ad-Dahlawy yakni Syaikh Abdul Aziz
al-Qadhi Syaikh Husain bin Muhsin as-Siba’I al-Anshari al-Yamani al-Hadidy (salah seorang murid utama dari Imam Muhammad bin Nashir al-Hazimi, dimana Imam al-Hazimi ini murid dari Imam asy-Syaukani rahimahullah).
Syaikh Abdul Haq bin Fadhl al-Hindi yang juga murid dari Imam asy-Syaukani.
Itu diantara guru beliau. Selanjutnya karya tulis beliau.

Karya Tulis Syaikh :
Syaikh Muhammad Shiddiq Hasan Khan memiliki kemampuan yang sangat menakjubkan dalam hal tulis menulis. Beliau mampu menghabiskan banyak buku tulis dalam sehari, mampu menulis satu buku dengan halaman yang cukup tebal dalam waktu yang singkat. Beliau memiliki lebih dari enam puluh karya tulis dalam bahasa Arab, Persi dan India. Buku – buku beliau tersebar di negeri – negeri Islam. Banyak para Ulama Tafsir, Hadits, yang memuji dan merekomendasikan buku – buku beliau. Bahkan beliau dimasukkan kedalam jajaran para ulama pembaharu (al-Mujadid) di era kebangkitan Islam.

Diantara karya – karya beliau yang berbahasa Arab antara lain :
1. Husnul Uswah bima Tsabata Minallah wa Rasulih fi an-Niswah (Yang akan kita pelajari bersama digroup ini sampai selesai –insya’Allah-)
2. Abjadul ‘Ulum
3. Fathul Bayan fi Maqhashid al-Quran
4. Laful Qimarth ‘ala Tashhih ma Ista’malahu al-Amah minal Aghlath
5. Ath-Thabrani Thariqah al-Mutsla fi Tarki at-Taqlid
6. Khalash al-Kasysyaf fi I’rab al-Quran
7. Al-Bulghah fi Ushul al-Lughah
8. Nailul Maram fi Tafsir al-Ayah al-Ahkam
9. Ar-Raudhah an-Nadiyyah Syarh ad-Durur al-Bahiyyah li asy-Syaukani (Buku ini dalam proses pengeditan, dan insya’Allah dalam waktu dekat akan terbit terjemahan nya dalam bahasa indonesia).
10. Ad-Din al-Khalish
Dan masih banyak karya – karya beliau yang lain nya.

Wafat nya Syaikh :
Syaikh meninggal dunia pada tahun 1307 H / 1889 H. Semoga Allah merahmati beliau.

Insya’Allah akan –Selasa Setelah Isya’ Kita Mulai Pembahasan Kitab Husnul Uswah ini dengan tema Muqaddimah Kitab-

Jambi, Sabtu : 17 Rabi’ul Akhir / 10 Maret 2012

Abu Abdillah Prima Ibnu Firdaus ar-Roni al-Mirluny

---oOo--

No comments:

Post a Comment

Sekilas Info

SEKILAS INFO Bismillah Alhamdulillah Semoga shalawat dan salam tercurahkan kepada Nabi Muhammad Shallallahu'alaihi wa sallam, keluar...