Wednesday, February 29, 2012

Fatwa Lajnah Daimah (Bagian 9 - Tentang Rezeki 2)


Apakah Rezeki Yang Telah Ditetapkan Dan Ditentukan Untuk Saya Menjadikan Saya Tidak Dapat Menambah Atau Mengurangi Rezeki Itu?

Jilid 1, Juz 1 Kitab Aqidah Bab Tauhid Rububiyyah
Pertanyaan no, 2. Fatwa no, 10909. Halaman 68.

Pertanyaan:
Sebagian orang berkata bahwa: Rezeki telah ditetapkan dan ditentukan oleh Allah. Apakah ketika saya meningkatkan kualitas pekerjaan saya sehari-hari bisa mendapatkan rezeki yang lebih? Apakah rezeki yang telah ditetapkan dan ditentukan untuk saya menjadikan saya tidak dapat menambah atau mengurangi rezeki itu?
Apakah ada kitab yang menjelaskan masalah ini? Tolong, bimbinglah kami.



Jawab:
Setiap rezeki datangnya adalah dari Allah. Dia-lah yang menciptakan, menentukan, memberikan, melimpahkan dan menyediakan sarana untuk mendapatkan rezeki itu. Seorang hamba dapat menggunakan cara dan sarana baik itu mudah atau sulit, banyak atau sedikit. Allah telah menakdirkan dan menyediakan sebabnya, itu adalah bagian dari Kemurahan dan Rahmat-Nya. Oleh karena itu, Allah telah menakdirkan dan memberikan berkenaan rezeki itu dan hamba menjadi penyebab dan cara untuk mendapatkannya.

Semoga Allah memberikan taufiq dan semoga shalawat dan salam senantiasa tercurahkan kepada Nabi kita Muhammad, Keluarga dan para Sahabatnya.

Lajnah Ad Daaimah Lilbuhuutsil 'Ilmiyyah Wal Iftaa (Komite Tetap untuk Riset Ilmiah dan Fatwa)
Ketua : ‘Abdul ‘Aziz bin ‘Abdullah bin Baaz
Wakil Ketua: ‘Abdur Razzaq ‘Afiifiy
Anggota : ‘Abdullah bin Ghadayyan

  • Diterjemahkan oleh Abu Miqdad ‘Abdurrozzaq Al-Atsariy

السؤال الثاني من الفتوى رقم: 10909
س2: يقول بعض الناس: كيف يكون الرزق كله من الله وأنا يمكنني أن أزيد في عملي اليوم من أجل أن أحصل رزق أكثر، فكيف يكون مقدر علي الرزق ومكتوب علي لا دخل لي في زيادته أو نقصانه؟
وهل هناك كتب تبحث في مثل هذه القضايا لتدلوننا عليها؟

ج2: الرزق من عند الله إيجادا وتقديرا وإعطاء وكسبا وتسببا، فالعبد يباشر السبب أيا كان صعبا أو سهلا كثيرا أو قليلا، والله يقدر السبب ويوجده فضلا منه ورحمة، فينسب الرزق إلى الله تقديرا وإعطاء وإلى العبد تسببا وكسبا.
وبالله التوفيق. وصلى الله على نبينا محمد، وآله وصحبه وسلم.
اللجنة الدائمة للبحوث العلمية والإفتاء
الرئيس :عبد العزيز بن عبد الله بن باز
نائب رئيس اللجنة :عبد الرزاق عفيفي
عضو :عبد الله بن غديان

No comments:

Post a Comment

Sekilas Info

SEKILAS INFO Bismillah Alhamdulillah Semoga shalawat dan salam tercurahkan kepada Nabi Muhammad Shallallahu'alaihi wa sallam, keluar...