Wednesday, February 29, 2012

Fatwa Lajnah Daimah (Bagian 1 - Pembagian Tauhid)



Pembagian Tauhid

Pertanyaan pertama, Fatwa no. 9772.

Pertanyaan: Apakah yang dimaksud dengan Tauhid Rububiyyah, Tauhid Uluhiyyah, dan Tauhid Asma Wash-Shifaat Wadz-Dzaat?

Jawab: Tauhid Rububiyyah adalah mengesakan Allah dalam perbuatanNya seperti : Dialah yang Maha Pencipta, yang Maha memberi Rezki, yang menghidupkan,yang mematikan, dan semisalnya.
Tauhid Uluhiyyah adalah mengesakan Allah dalam hal peribadatan seperti: Shalat, Zakat, Puasa, Haji, Nadzar, Sembelihan, dan semisalnya.
Tauhid Asma dan Sifat adalah mengesakan Allah dalam hal penetapan sifat akan diri-Nya berdasarkan apa yang telah ditetapkan oleh Allah dan Rasulnya tanpa Tasybih (penyerupaan), Tamtsil (permisalan), Tahrif (pengubahan), dan Ta'thil (penolakan atau peniadaan) juga Takyif (menanyakan kaifiyatnya).






Semoga Allah memberikan Taufiq dan semoga shalawat dan salam senantiasa tercurahkan kepada Nabi kita Muhammad, Keluarga dan para Sahabatnya.
Lajnah Ad Daaimah Lilbuhuutsil 'Ilmiyyah Wal Iftaa (Komite Tetap untuk Riset Ilmiah dan Fatwa)
Ketua : 'Abdul 'Aziz bin 'Abdullah bin Baz
Wakil : 'Abdur Razzaq 'Afiifiy
Anggota : 'Abdullah bin Ghadayyan

أقسام التوحيد
السؤال الأول من فتوى رقم (9772):

س1: ما المقصود بتوحيد الربوبية, وتوحيد الألوهية, وتوحيد الأسماء والصفات والذات؟
جـ1: توحيد الربوبية: هو توحيد الله بأفعاله من الخلق والرزق والإحياء والإماتة ونحو ذلك, وتوحيد الألوهية: هو إفراد الله بالعبادة من صلاة وصوم وحج وزكاة ونذر وذبح ونحو ذلك. وتوحيد الأسماء والصفات أن تصف الله بما وصف به نفسه، أو وصفه به رسوله صلى الله عليه وسلم؛ وتسميه بما سمى به نفسه, أو سماه به رسوله صلى الله عليه وسلم؛ من غير تشبيه ولا تمثيل ومن غير تحريف ولا تعطيل.
وبالله التوفيق، وصلى الله على نبينا محمد, وآله وصحبه وسلم.

اللجنة الدائمة للبحوث العلمية والإفتاء
الرئيس : عبد العزيز بن عبد الله بن باز
نائب رئيس اللجنة : عبد الرزاق عفيفي
عضو : عبد الله بن غديان
_________________________________________________________

Pertanyaan pertama, Fatwa no 8943.

Pertanyaan: Apa saja macam-macam Tauhid dan apa definisi dari masing-masingnya?

Jawab: Ada tiga macam Tauhid. Yaitu Tauhid Rububiyyah, Tauhid Uluhiyyah dan Tauhid Asma dan Sifat.
Tauhid Rububiyyah adalah mengesakan  Allah Ta’ala adalah Pencipta, Pemelihara, Pemberi dan Pengambil hidup, dan Pengawas dari semua urusan di kerajaan langit dan bumi. Dan mengesakan Allah Ta’ala dengan menjadikan-Nya sebagai Hakim dan menetapkan Syariat dengan mengutus Rasul-Nya dan menurunkan Kitab-Nya.
Allah Ta’ala berfirman:
أَلاَ لَهُ الْخَلْقُ وَالأَمْرُ تَبَارَكَ اللَّهُ رَبُّ الْعَالَمِينَ
Artinya: “Ingatlah, menciptakan dan memerintah hanyalah hak Allah. Maha Suci Allah, Tuhan semesta alam.” (QS. Al-A’roof: 54).

Tauhid Uluhiyyah adalah mengesakan Allah Ta’ala dalam beribadah. Tidak boleh beribadah, berdoa, beristighosah dan memohon pertolongan kecuali kepada-Nya. Tidak boleh bernadzar, menyembelih dan berkurban kecuali kepadanya.
Allah Ta’ala berfirman:
قل إِنَّ صَلَاتِي وَنُسُكِي وَمَحْيَايَ وَمَمَاتِي لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ
Artinya: “Katakanlah: Sesungguhnya shalat, ibadah, hidup dan matiku hanyalah untuk Allah, Tuhan semesta alam,” (QS. Al-An’aam: 162).
لَا شَرِيكَ لَهُ وَبِذَلِكَ أُمِرْتُ وَأَنَا أَوَّلُ الْمُسْلِمِينَ
Artinya: “Tiada sekutu bagi-Nya; dan demikian itulah yang diperintahkan kepadaku dan aku adalah orang yang pertama-tama menyerahkan diri (kepada Allah).” (QS. Al-An’aam: 163).
فصل لِرَبِّكَ وَانْحَرْ
Artinya: “Maka dirikanlah shalat karena Tuhanmu dan berkorbanlah.” (QS. Al-Kautsar: 2).

Sedangkan pengertian Tauhid Asma' dan Sifat adalah : Memberikan Sifat dan Nama bagi Allah sesuai dengan Sifat dan Nama yang telah Allah tetapkan bagi diri-Nya dan memberikan Sifat dan Nama seperti yang telah Rasulullah -shallallahu 'alaihi wa sallam- Sifatkan dan Namakan tentang Allah dalam hadits-haditsnya yang shahih. Dan menetapkan nama dan shifat itu bagi Allah dengan tanpa merubah atau mempermisalkan-Nya dengan makhluq-Nya dan atau tanpa menta'wilkan maknanya dan atau menolak nama dan shifat Allah tersebut.
Dalilnya firman Allah -Ta'ala-:
ليس كَمِثْلِهِ شَيْءٌ وَهُوَ السَّمِيعُ الْبَصِيرُ
Artinya: “Tiada satupun yang serupa dengan Dia, dan Dia-lah yang Maha Mendengar lagi Maha Melihat.” (QS. Asy-Syuuraa: 11).

Semoga Allah memberikan Taufiq dan semoga shalawat dan salam senantiasa tercurahkan kepada Nabi kita Muhammad, Keluarga dan para Sahabatnya.

Lajnah Ad Daaimah Lilbuhuutsil 'Ilmiyyah Wal Iftaa (Komite Tetap untuk Riset Ilmiah dan Fatwa)
Ketua : 'Abdul 'Aziz bin 'Abdullah bin Baz
Wakil : 'Abdur Razzaq 'Afiifiy
Anggota : 'Abdullah bin Ghadayyan
Anggota: 'Abdullah bin Qu’uud

السؤال الأول من الفتوى رقم (8943) :
س1: ما هي أنواع التوحيد مع تعريف كل منها؟
ج1: أنواع التوحيد ثلاثة: توحيد الربوبية، وتوحيد الإلهية، وتوحيد الأسماء والصفات، فتوحيد الربوبية: هو إفراد الله تعالى بالخلق والرزق والإحياء والإماتة وسائر أنواع التصريف والتدبير لملكوت السماوات والأرض، وإفراده تعالى بالحكم والتشريع بإرسال الرسل وإنزال الكتب، قال الله تعالى: {أَلَا لَهُ الْخَلْقُ وَالْأَمْرُ تَبَارَكَ اللَّهُ رَبُّ الْعَالَمِينَ} (سورة الأعراف الآية 54) وتوحيد الألوهية: هو إفراد الله تعالى بالعبادة فلا يعبد غيره، ولا يدعى سواه، ولا يستغاث ولا يستعان إلا به، ولا ينذر ولا يذبح ولا ينحر إلا له، قال الله تعالى: {قل إِنَّ صَلَاتِي وَنُسُكِي وَمَحْيَايَ وَمَمَاتِي لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ} (سورة الأنعام الآية 162) {لَا شَرِيكَ لَهُ وَبِذَلِكَ أُمِرْتُ وَأَنَا أَوَّلُ الْمُسْلِمِينَ} (سورة الأنعام الآية 163) وقال: {فصل لِرَبِّكَ وَانْحَرْ} (سورة الكوثر الآية 2) وتوحيد الأسماء والصفات: هو وصف الله تعالى وتسميته بما وصف وسمى به نفسه وبما وصفه وسماه به رسوله صلى الله عليه وسلم في الأحاديث الصحيحة، وإثبات ذلك له من غير تشبيه ولا تمثيل ومن غير تأويل ولا تعطيل، {ليس كَمِثْلِهِ شَيْءٌ وَهُوَ السَّمِيعُ الْبَصِيرُ} (سورة الشورى الآية 11)
وبالله التوفيق. وصلى الله على نبينا محمد وآله وصحبه وسلم.

اللجنة الدائمة للبحوث العلمية والإفتاء
الرئيس :عبد العزيز بن عبد الله بن باز
نائب رئيس اللجنة :عبد الرزاق عفيفي
عضو :عبد الله بن غديان
عضو: عبد الله بن قعود

[Diterjemahkan oleh Abu Miqdad al-Atsari pada tanggal 17 Februari 2012]

No comments:

Post a Comment

Sekilas Info

SEKILAS INFO Bismillah Alhamdulillah Semoga shalawat dan salam tercurahkan kepada Nabi Muhammad Shallallahu'alaihi wa sallam, keluar...