Selasa, 01 Januari 2013

Kisah Yasir


Kisah Para Peminang Bidadari - Bagian 3

3. Yasir Radhiyallahu'anhu.

Kita sedikit memutar kembali kebelakang, untuk mengambil sebuah kisah tokoh Islam yang syahid bersama isteri nya demi mempertahankan Aqidah (keyakinan) Islam nya. Dimana pada hari ini kaum Muslimin, banyak yang menyia - nyia kan ke Islaman mereka.

Semoga Allah memberi hidayah kepada kita semua.

Dia adalah tokoh lambang keteguhan dan kesabaran. Dia adalah sahabat yang mulia Yasir Radhiyallahu'anhu dan isteri nya yang bernama Sumayyah Radhiyallahu'anhu.


Ayah dari Ammar ini berasal dari kabilah Bani Uns yang merupakan salah satu kabilah di yaman. Yasir datang ke Mekkah bersama saudaranya yakni Al-Harits dan Malik. Al-Harits dan Malik kembali ke Yaman, sedangkan Yasir tetap tinggal di Mekkah. 
Abu Hudzaifah bin Al-Mughirah Al-Makhzumi adalah orang yang menampung Yasir. Abu Hudzaifah kemudian menikahkan Yasir dengan bibi nya yang dikenal dengan nama Sumayyah bin Khiyath. Kemudian dari perkawinan mereka lahirlah anak yang bernama Ammar.
Abu Hudzaifah memerdekakan nya, dan tidak lama kemudian ia meninggal dunia. Lalu datanglah Islam, maka Yasir dan isterinya Sumayyah, dan anak nya Ammar dan Abdullah menyatakan masuk Islam.

Maka tuan - tuan mereka dari Bani Makhzum marah sekali dan mengobarkan siksaan kepada mereka dengan keji dan pedih.

Maka orang kafir Quraisy mengeluarkan keluarga Yasir dan diseret kepadang pasir yang sangat panas, ditengah teriknya matahari yang menyengat kulit, dengan posisi tubuh terbalik.

Suatu hari Rasulullah Shallallahu'alaihi wa sallam melewati mereka -keluarga Yasir- yang tengah disiksa di padang pasar, namun Rasulullah Shallallahu'alaihi wa sallam tidak mempunyai kekuatan untuk menolong mereka.

Beliau Shallallahu'alaihi wa sallam hanya bersabda : "Sabarlah wahai keluarga Yasir. Karena sesungguhnya tempat kembalinya kalian adalah Surga." [Hadits ini Hasan Shahih : Diriwayatkan oleh Al-Hakim no 36 dan al-Baihaqi no 1631. Al-Albani didalam Fiqh as-Sirah 1/103 : Hasan Sahih]

Datanglah Abu Jahal dengan angkuh nya kepada Sumayyah dan berkata kepadanya : "Engkau tidak beriman kepada Muhammad kecuali karena kamu senang dengan wajah tampan nya."

Summayah Radhiyallahu'anha pun membantah Abu Jahal dengan berkata kasar kepada Abu Jahal. Lalu Abu Jahal menikamnya dengan tombak hingga Summayah meninggal dunia. 

Summayah adalah wanita pertama yang mati syahid didalam Sejarah islam.Karena itu whai wanita muslimah janganlah pelit untuk berbuat sesuatu di Jalan Allah, lihatlah Sumayyah telah mengukir perjuangan nya didalam memegang islam dengan darahnya di jalan Allah. semoga Allah meridhai nya.

Suatu ketika Utsman bin 'Affan Radhiyallahu'anhu bertemu dengan Rasulullah Shallallahu'alaihi wa salam, dan beliau mengajak Utsman berjalan - jalan di sungai yang luas, sampai melewati keluarga Ammar bin Yasir yang masih disiksa. 
Abu Ammar Yasir berkata : "Wahai Rasulullah, selama nya ujian akan begini?"
Pertanyaan yang membuat sedih hati Rasulullah Shallallahu'alaihi wa sallam, namun beliau tidak memiliki kekuatan untuk menolong nya, beliau hanya berkata : "Sabarlah." Kemudian beliau berdoa :"Ya Allah, ampunilah keluarga Yasir dan aku telah melakukan nya."

Tidak beberapa lama setelah itu Yasir Radhiyallahu'anhu meninggal dunia -syahid- dijalan Allah akibat penyiksaan orang - orang kafir.

Semoga Allah meridhai yasir sekeluarga.

[Disarikan dari kitab As-Sirah An-Nabawiyyah karya Prof.DR.Ali Muhammad Ash-Shalabi. Terj Sejarah Lengkap Rasulullah Shallallahu'alaihi wa sallam halaman 157 - 158. cet Alkautsar. Dengan penyaduran bahasa]

bersambung insya'Allah... ke kisah para peminang bidadari - bagian 4

Abu Abdillah Prima Ibnu Firdaus ar-Roni al-Mirluny 
Kota Jambi, 17 Muharram 1434 H / 1 Desember 2012 M

Untuk Download Artikel Klik Gambar

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar