Tuesday, January 1, 2013

Keajaiban Hafalan dan Kekuatan Memori

Keajaiban Hafalan dan Kekuatan Memori 

"Kisah - Kisah Seputar al-Quran bagian 11"


1. Hafal al-Quran dalam waktu 3 hari.
Hisyam bin Muhammad Al-Kalbi yakni seorang ahli nasab yang terkenal, penulis buku Al-Jamharatu fi Al-Ansab, beliau berkata : "Aku mampu menghafal sesuatu yang belum pernah dihafal oleh seorang pun. Aku mempunyai paman yang selalu menegurku jika tidak memiliki hafalan al-Quran. Lantas aku masuk ke rumah kami dan bersumpah tidak akan keluar sebelum aku dapat menghafal al-Quran seluruhnya. Kemudian aku pun menghafalnya hanya dalam waktu 3 hari saja."

2. Hafal al-Quran dalam waktu 40 hari.
Disebutkan bahwa Amir Asy-Sya'bi yakni seorang Tabi'in yang dikenal sebagai Ulama Kufah, beliau mampu menghafal al-Quran hanya dalam waktu 40 hari saja.


3. Hafal al-Quran dalam waktu 80 hari.
Disebutkan dalam biografi Imam Ibnu Syihab az-Zuhri rahimahullah bahwa beliau menghafal al-Quran selama 80 hari.

4. Hafal al-Quran dalam waktu 2 bulan.
Disebutkan dalam biografi Abu Wa'il Syaqiq bin Salamah disebutkan bahwasanya beliau menghafal al-Quran selama dua bulan.


5. Hafal al-Quran dalam usia 5 tahun.
Imam Al-Khatib Al-Baghdadi menyebutkan tentang gurunya yang bernama Abdullah bin Al-Laban bahwasaya beliau telah menghafal al-Quran ketika usia beliau baru menginjak 5 tahun.


6. Hafal al-Quran dalam waktu 3 bulan.
Dalam sebuah saluran televisi Al-Fajar ada pertemuan dengan Syaikh Shabir Abd Al-Maqsud. Syaikh bercerita tentang dirinya : "Aku ingin menghafal al-Quran, maka aku meminta pertolongan kepada Allah untuk menghafalnya dan tidak lama sekitar 3 bulan ternyata aku sudah menghafal al-Quran dengan mantap. Bahkan aku menghafal pula nomor - nomor ayat dan tidaklah ada satu ayat dari al-Quran, melainkan aku menghafalnya berikut nomornya, Aku tidak pernah salah kecuali dua kali saja." Padahal beliau adalah seorang yang diuji dengan kebutaan sehingga tidak bisa melihat.

7. Hafal al-Quran dalam waktu 2 bulan.
Dalam kitab Ulamauna karya Fahd al-Badrani dan Fahd al-Barak disebutkan tentang biografi Syaikh Abdurrahman Ad-Dausari bahwasanya "Beliau menghafal al-Quran al-Karim hanya dalam jangka waktu dua bulan saja, dan pada saat menghafal, beliau menjauhkan diri dari manusia, bahkan beliau tidak kelaur rumah, melainkan untuk shalat saja."

[Agar Anak Mudah Menghafal al-Quran hal 185, 189-190 dan 194, Hamdan Hamud Al-Hajiri. cet Darus Sunnah]

Subhanallah...
Sangat jauh nya kita jika dibandingkan dengan mereka.
Semoga Allah memudahkan kita didalam menghafal dan mempelajari al-Quran dan mengamalkan nya.

Abu Abdillah Prima Ibnu Firdaus ar-Roni al-Mirluny
Desa Merlung, Sabtu 22 Ramadhan 1433 H / 11 Agustus 2012 M

No comments:

Post a Comment

Sekilas Info

SEKILAS INFO Bismillah Alhamdulillah Semoga shalawat dan salam tercurahkan kepada Nabi Muhammad Shallallahu'alaihi wa sallam, keluar...