Monday, April 14, 2014

Resensi Buku Ummahatul Mukminin - Muhammad Fathi Mas'ad

RESENSI BUKU “UMMAHATUL MUKMININ”
Oleh
Prima Saputra
Bismillah.
Alhamdulillah.
Semoga Shalawat dan Salam Tercurahkan kepada Rasulullah Shallallahu’alaihi wa salam dan keluarga beliau. Amma ba’du :

a.      Pentingnya Mempelajari Sejarah Ummahatul Mukminin
Allah Subhanahu wa ta’ala berfirman :

النَّبِيُّ أَوْلَىٰ بِالْمُؤْمِنِينَ مِنْ أَنفُسِهِمْ ۖ وَأَزْوَاجُهُ أُمَّهَاتُهُمْ
Nabi itu (hendaknya) lebih utama bagi orang-orang mukmin dari diri mereka sendiri dan isteri-isterinya adalah ibu-ibu mereka…” [Al-Qur’an Surat Al-Ahzab ayat 6]

Dalam ayat yang mulia ini, Allah Subhanahu wa ta’ala menyebut isteri – isteri Nabi Muhammad Shallallahu’alaihi wa sallam dengan sebutan ibu – ibu mereka yakni isteri Nabi adalah Ummahatul Mukminin (Ibu bagi orang yang beriman).

Para Sahabat Nabi, Tabi’in dan Tabi’ Tabi’in dan generasi yang mengikuti mereka sangat mengetahui bahwa isteri – isteri Nabi Muhammad Shallallahu’alaihi wa sallam adalah Ummahatul Mukminin, dimana mereka mempunyai kedudukan tersendiri didalam Islam, mempunyai peran yang sangat besar didalam dakwah Islam dan penyebaran Islam.

Sampai muncul kaum Rafidhah – Syiah, yang mencela, mencaci maki dan menjatuhkan kehormatan Ummatul Mukminin. Hal ini termaktum didalam kitab – kitab mereka, bahkan dimajelis – majelis mereka.
Didalam kitab Ikhtiyar Ma’rifatur Rijal karya tokoh syi’ah Ath-Thusi, meriwayatkan bahwa salah seorang sahabat pernah berkata kepada ‘Aisyah : “Kamu (wahai Aisyah) tidak lain hanyalah seorang pelacur dari sembilan pelacur yang ditinggalkan oleh Rasulullah.”

Ini salah satu bentuk celaan kaum Syi’ah terhadap Ummahatul Mukminin, dan kedustaan orang – orang syi’ah yang mengatas namakan sahabat Nabi, padahal para Sahabat Nabi sangat menghormati Ummahatul Mukminin, karena mereka (para Sahabat) mengetahui kedudukan Ummahatul Mukminin.

Maka dari itu, mengetahui tentang Ummahatul Mukminin salah satu hal yang penting bagi seorang muslim. Apalagi dizaman sekarang, dimana fitnah syi’ah sudah menyebar di negeri Indonesia ini. Semoga Allah melindungi kaum Muslimin dari fitnah syi’ah.

Penulis buku Ummahatul Mukminin, Muhammad Fathi Mas’ad berkata didalam Muqaddimahnya setelah menjelaskan kedudukan ummahatul mukminin, beliau berkata : “Sesungguhnya, mengetahui sejarah Ummahatul Mukmin dan kehidupan mereka bersama Nabi Shallallahu’alaihi wa sallam merupakan suatu kewajiban Islam yang pokok (utama). Mengetahui keunggulan dan kedudukan mereka yang agung itu juga lebih diharuskan. Menelaah sirah (sejarah) mereka termasuk salah satu sarana pendidikan dan penyucian jiwa yang paling utama, karena garis edarnya berada dikutub keteladanan dan panutan, sehingga tidak ada sesuatupun yang dilakukan seseorang pada dirinya melainkan seperti perbuatan sang teladan dan panutan.” [Mukadimah Ummahatul Mukminin hal 2 – 3, cetakan Pustaka Al-Qowam]
Karena hal inilah kami tertarik untuk meresensi buku yang insya’Allah bagus ini.


b.      Tentang Buku Ummahatul Mukminin

Buku ini salah satu buku yang sangat bagus membahas tentang Ummahatul Mukminin.
Judul asli buku ini adalah Ummahatul Mukminin yang ditulis oleh salah seorang Ulama Al-Azhar Asy-Syarif Mesir yang bernama Muhammad Fathi Mas’ad. Dicetak dan diterbitkan oleh Darul Tauji’ wal Nasyr Islamiyah, Cetakan Pertama tahun 1421 H / 2001 M.

Kemudian kitab ini diterjemahkan kedalam bahasa indonesia oleh penerbit Al-Qowam. Dengan judul edisi terjemahan Ummahatul Mukminin (Isteri – Isteri Rasulullah Shallallahu’alaihi wa sallam, Ibunda Orang – Orang Beriman). Cetakan Pertama tahun 1434 H / 2013 M.

Tidak banyak buku – buku para ulama yang sudah diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia yang membahas tentang biografi dan sejarah hidup Ummahatul Mukmin dengan lengkap, fokus, ringkas, padat dan ilmiah seperti buku ini.

Buku ini dikatakan LENGKAP dan FOKUS, karena pembahasan nya fokus kepada sejarah hidup Ummahatul Mukminin, mulai dari nasab, sifat – sifat mereka, kehidupan mereka sebelum dan setelah menikah dengan nabi Shallallahu’alaihi wa sallam, kedudukan dan keutamaan mereka, ibadah – ibadah mereka, perjuangan mereka didalam menyebarkan islam, dan sisi kehidupan mereka yang lain nya yang menarik dan sangat sayang jika dilewatkan membaca nya, sampai kepada wafat nya mereka.

Buku ini dikatakan RINGKAS dan PADAT, karena pembahasan nya yang lengkap tentang biografi sejarah ummahatul mukmin, dengan menyajikan 11 (sebelas) biografi yakni Khadijah, Saudah, Aisyah, Hafshah, Zainab bin Khuzaimah, Hindun, Zainab binti Jahasyi, Juwairiyah, Shafiyah, Ramlah dan Maimunah –semoga Allah meridhai mereka semua- hanya menghabiskan 255 halaman, yang termasuk 4 halaman mukaddimah penulis dalam nya.

Buku ini dikatakan ILMIAH, karena penulis –Muhammad Fathi Mas’ad- menyebutkan referensi yang banyak sekali, hal ini bisa kita lihat pada catatan kaki (foot note), terutama diawal pembahasan setiap biografi ummahatul mukminin. Walaupun buku ini tidak dilengkapi dengan daftar pustaka dibelakang nya, namun referensi yang dibawakan penulis pada catatan kaki, sudah mewakili dan mencakup daftar pustaka.

Berikut perkataan penulis tentang buku nya yang lengkap, ringkas, padat dan ilmiah, Muhammad Fathi Mas’ad berkata tentang isi bukunya : “Dalam kitab ini –dengan pertolongan dan taufik Allah- saya persembahkan sejarah ringan dan sederhana Ummahatul Mukminin (ibunda orang – orang beriman), kehidupan mereka bersama Nabi Shallallahu’alaihi wa sallam, kedudukan dan keutamaan mereka. Saya menjaga poin – poin pelajaran dan kajian serta berita dari sejarah ini supaya manfaatnya merata, insya Allah, jauh dari perkataan yang berbelit – belit dan penuturan yang panjang lebar. Pembaca yang budiman akan mendapati bahwa dalam kitab ini saya hanya membatasi pembahasan pada isteri – isteri Nabi Shallallahu’alaihi wa sallam yang mendapat gelar : Ummahatul Mukminin (ibunda orang – orang beriman). Saya tidak berbicara tentang para wanita yang dinikahi Nabi Shallallahu’alaihi wa sallam tetapi belum pernah sampai berkumpul dengan beliau. Saya juga tidak bertutur beberapa wanita yang menghadiahkan dirinya kepada Nabi Shallallahu’alaihi wa sallam. Kitab ini juga tidak memuat seluruh riwayat dan berita tentang Ummahatul Mukminin, karena saya hanya ingin mengambarkan kepribadian mereka secara sederhana dan mudah dipahami. Sudah sepantasnya kita menelaah sejarah kehidupan mereka dan mendidik anak – anak kita, baik laki – laki maupun perempuan, berdasarkan jejak hidup dan keutamaan mereka.” [Mukaddimah Ummahatul Mukminin hal 3 – 4, cet Pustaka Al-Qowam]

Demikian saja resensi buku Ummahatul Mukminin karya Muhammad Fathi Mas’ad, edisi cetakan terjemahan Pustaka Al-Qowam. Semoga bermanfaat.

c.       Info Buku :
1.      Penulis Buku : Muhammad Fathi Mas’ad.
2.      Judul asli : Ummahatul Mu’minin.
3.      Cetakan Arab : Darul Tauji’ wal Nasyr Islamiyah. Cet 1 : 1421 H / 2001 M.
4.      Judul terjemahan : Ummahatul Mukminin (Isteri – Isteri Rasulullah Shallallahu’alaihi wa sallam, Ibunda Orang – Orang Beriman)
5.      Cetakan Edisi Terjemahan : Pustaka Al-Qowam. Cetakan 1 : Sya’ban 1434 H / 2013 M.
6.      Penerjemah : Irawan Raihan.
7.      Editor : Laely Mucholishotin.
8.      Tebal Buku : 255 halaman ditambah xvi halaman.
9.      Harga : Rp 43.000

d.      Penulis Resensi :
1.      Nama : Prima Saputra
2.      Alamat : Jl.Lintas Timur Merlung. RT 01. Kelurahan/Desa Merlung. Kecamatan Merlung. Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Propinsi Jambi.
3.      No Hp : 085266015224

No comments:

Post a Comment

Sekilas Info

SEKILAS INFO Bismillah Alhamdulillah Semoga shalawat dan salam tercurahkan kepada Nabi Muhammad Shallallahu'alaihi wa sallam, keluar...