Friday, October 11, 2013

Al-Ghayah wa At-Taqrib - 1

RINGKASAN SYARAH AL-GHAYAH WA AT-TAQRIB - BAGIAN 1

MUQADDIMAH

بسم الله الرّحمن الرّحيم
إنّ الحمد لله نحمده ونستعينه ونستغفره ونعوذبالله من شرورأنفسنا وشيّئات أعمالنا من يهده الله فلا مضلّ له ومن يضلل فلا هادي له وأشهد أن لا إله إلاّ الله وحده لا شريك له وأشهد أنّ محمّداعبده ورسوله :

Amma ba’du :
Ini merupakan penjelasan ringkas terhadap kitab fiqih didalam madzhab imam asy-syafi'i yang terkenal di negeri ini, yakni kitab al-Ghayah wa At-Taqrib atau yang dikenal dengan Matan Abu Syuja'.

Kitab ini dipelajari dipondok - pondok pesantren di Indonesia, karena mayoritas masyarakat Indonesia adalah bermadzhab fiqih Imam asy-Syafi'i.


Penjelasan ringkas ini kami kumpulkan dari tiga kitab syarah al-Ghayah wa at-Taqrib.
1. Fathul Qarib al-Munjib fi Syarhil at-Taqrib atau Qaulul Mukhtar fi Syarhi Ghayah al-Ikhtishar karya Syaikh Muhammad bin Qasim asy-Syafi'i. Cet Dar Ibnu Hazm. Beirut Lebanon.

2. At-Tadzhib fi Adillati Matn al-Ghayah wa At-Taqrib karya Syaikh DR.Musthafa Dib al-Bugha asy-Syafi'i. Cet Dar Ibnu Katsir.

3. Kifayah al-Akhyar fi hal Ghayah al-Ikhtisar, karya Imam Taqiyuddin bin Muhammad al-Husaini al-Hishni ad-Dimasyqi asy-Syafi'i. Tahqiq dan Takhrij Syaikh Abdul Qadir al-Arnauth. Cet Darul Batsair.

Untuk mempermudah penerjemahan bahasa nya, kami juga merujuk ketiga kitab terjemahan diatas.
1. Terjemahan Fathul Qarib dengan judul Fathul Qarib. Cet Menara Kudus.

2. Terjemahan At-Tadzhib dengan judul Ringkasan Fiqih Madzhab Syafi'i. Cet Noura Books.

3. Terjemahan Kifayah Akhyar dengan judul Kifayatul Akhyar : Kelengkapan Orang Shalih. Cet Bina Iman.

Selamat mengikuti pembahasan, semoga ada manfaat nya.

Penyusun dan Peringkas :

Abu Abdillah Prima Ibnu Firdaus Roni al-Mirluny

Kota Jambi, Ahad Sore : 1 Dzulhijjah 1434 H / 6 Oktober 2012 M




RINGKASAN SYARAH AL-GHAYAH WA AT-TAQRIB

-Bagian 1-

Mengenal Penulis Al-Ghayah wa At-Taqrib

al-Imam asy-Syaikh Ahmad bin al-Husain (al-Hasan) bin Ahmad As-Ashfahani rahimahullah yang dikenal dengan nama al-Qadhi Abu Syuja' (Bapak para pemberani). Sebutan dan Kunyah Abu Syuja’ disandangkan kepada beliau, karena beliau adalah seorang ulama yang pemberani dalam menegakkan kebenaran dan tidak takut dengan cacian orang lain didalam menegakkan keadilan.


Beliau dilahirkan pada tahun 433 H M di Basrah. Sedangkan ayah beliau dilahirkan di Asfahan, salah satu kota Persia di Iran.

Beliau di Basrah belajar dan mengajar fiqih Imam asy-Syafi’i selama 40 tahun. Kemudian beliau hijrah ke kota Madinah dan wafat disana pada tahun 593 H dalam usia 156 tahun.

Walaupun usia beliau panjang yakni 156 tahun, namun anggota tubuh beliau tidak ada yang menurun fungsi nya, atau catat. Sebagian orang bertanya kepada beliau, bagaimana hal itu terjadi ?

Beliau rahimahullah menjawab :

مَا عَصَيْتُ الله بِعُضْوٍ مِنْهَا , فَلَمَّا حَفِظْتُهَا فِي الصِّغَرِ عَنْ مَعَاصِي الله , حَفِظَهَا اللهُ فِي الْكِبَرِ

Aku tidak bermaksiat pada Allah dengan satupun anggota tubuhku. Tatkala aku menjaganya dari maksiat ketika muda, maka Allah menjaga nya ketika tua.

semoga ada manfaat nya.

Penyusun dan Peringkas :

Abu Abdillah Prima Ibnu Firdaus Roni al-Mirluny

Kota Jambi, Ahad : 1 Dzulhijjah 1434 H / 6 Oktober 2013 M

No comments:

Post a Comment

Sekilas Info

SEKILAS INFO Bismillah Alhamdulillah Semoga shalawat dan salam tercurahkan kepada Nabi Muhammad Shallallahu'alaihi wa sallam, keluar...